Teknologi Cerdas Anak Muda

Dipublikasikan oleh

Pada Selasa, 04 Desember 2012

Future of Technology
Teknologi, kata ini tidak pernah lepas dari kehidupan kita. Aspek-aspek setiap sisi kehidupan manusia selalu saja dikaitkan dengan teknologi ini. Saat ini, teknologi merupakan hal yang tidak bisa lepas dari manusia hingga menimbulkan ketergantungan dari teknologi ini. Teknologi ini banyak berdampak nyata pada anak muda zaman sekarang sebagai generasi penerus bangsa.

Ketergantungan terhadap teknologi ini pastinya akan selalu membuat teknologi semakin berkembang dan mempengaruhi kehidupan bahkan kehidupan secara total manusia itu sendiri. Contoh yang paling sederhana mengenai teknologi adalah dengan adanya games atau games online yang marak saat ini di Indonesia. Games memang menjadi ajang untuk hiburan yang memang asik, namun jangan salah games ini dapat memberi efek negatif bagi pengguna yang tidak hati-hati. Efek negatif games ini tentunya dapat mempengaruhi keadaan seseorang misalnya pengguna yang bermain terus-terusan hingga lupa waktu. Jangan salah, pernah ada kejadian meninggalnya seseorang karena bermain games terus-menerus. Hal ini merupakan dampak nyata teknologi yang saat ini marak terjadi di Indonesia dan dampak ini sering terjadi pada generasi penerus bangsa kita yaitu anak muda zaman sekarang.

Generasi Penerus Bangsa yang Salah
Generasi Penerus Bangsa yang Salah
Memang saat ini teknologi tidak bisa lepas lagi dari setiap aspek-aspek kehidupan manusia mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks sekalipun. Dan ini membuat ketergantungan terhadap teknologi. Contohnya penggunaan AC, jika AC di rumah Anda saja tidak hidup karena rusak atau sesuatu hal, Anda menjadi kepanasan dan ketergantungan terhadap teknologi ini.

Sebenarnya teknologi tidak salah kok, bahkan lumrah-lumrah saja perihal kehidupan yang semakin berkembang ini. Asal satu syarat, kita bisa menggunakan teknologi secara cerdas saja. Secara cerdas? Ya, Teknologi Cerdas! Teknologi cerdas adalah sikap bijak anak muda sebagai generasi penerus bangsa untuk mewujudkan teknologi yang bermanfaat dan berguna bagi kehidupan dirinya bahkan orang lain. Jadi, tidak semua kok teknologi itu berdampak negatif bagi kehidupan manusia itu sendiri. Sekarang, timbul pertanyaan dibenak pikiran kita. "Lalu, bagaimana caranya menggunakan teknologi cerdas agar kita tidak terjerumus di dalamnya?", sebuah pertanyaan yang singkat namun dengan jawaban yang wajib kompleks. Banyak cara yang dapat kita lakukan sebagai generasi penerus bangsa untuk mewujukan teknologi yang cerdas tersebut, diantaranya dengan menjadikan teknologi itu sebagai ladang bisnis, yaitu Technopreneurship.

Berwirausaha Mandiri Dengan Internet

Technopreneurship adalah salah satu cara cerdas bagi anak muda untuk berwirausaha dengan menggunakan teknologi yang canggih saat ini, yaitu lewat internet. Internet identik dengan yang namanya teknologi, dari sinilah kita dapat menemukan hal-hal baru di belahan dunia manapun. Internet tidak hanya sebagai ajang untuk mencari pengetahuan baru, namun juga sebagai ladang berwirausaha. Anda dapat berwirausaha mandiri di internet, memanfaatkan waktu luang yang ada. Pertanyaan selanjutnya, "Bagaimana kita berwirausaha di internet?".

Bagi sebagian orang berwirausaha di internet atau menjadi pebisnis online dan menghasilkan uang di internet adalah hal yang tidak mungkin. Sebenarnya pernyataan demikian tidaklah benar. Bisnis online merupakan lahan yang begitu potensial karena populasi pengguna internet yang semakin banyak dari hari ke hari. Dinamika bisnis internet di negara-negara yang lebih maju sudah menjadi lahan yang begitu produktif, lahan yang jadi bagian terpenting untuk menghasilkan profit.

Banyak sekali ladang bisnis di internet yang dapat kita jadikan sebagai ladang berwirausaha. Salah satu yang paling populer saat ini yaitu dengan toko online dan membuat blog.

1. Toko Online

Toko Online
Toko online berawal dari 2 kata, yaitu toko dan online. Toko sendiri adalah tempat bagi para wirausahawan dengan menjual barang-barang yang mereka ingin jual. Misalnya toko sepatu, toko pakaian, dan lain-lain. Sedangkan online adalah dunia maya dimana pengguna dihubungkan langsung dengan dunia internet dari teknologi yang berkembang pesat saat ini. Jadi, toko online adalah sebuah ladang atau tempat bagi para wirausahawan dengan menjual barang-barang mereka di internet.

Berjualan tidak hanya di dunia nyata yang bertemu antara penjual dan pembeli secara langsung. Dengan hadirnya teknologi yang pesat saat ini salah satunya adalah internet, kita dapat berjualan barang-barang yang ingin kita jual melalui internet dan pertemuannya tidak secara langsung, melainkan dapat melalui sebuah lapak/website. Tidak hanya itu, pengiriman barangnya pun dapat diantar langsung dari wilayah pengirim ke tempat Anda. Sangat hebat bukan?

Untuk membuat toko online atau menjual sesuatu barang, Anda tidak harus mempunyai website. Membuat website tentu akan sulit bagi yang baru mengenal dunia internet dan tentunya membutuhkan waktu yang lama. Kita bisa menjual sesuatu barang yang ingin kita jual melalui sebuah lapak di situs-situs jual beli tertentu. Misalnya di www.tokobagus.com dan www.berniaga.com. Melalui kedua website jual beli tersebut, kita dapat membuat lapak atau posting dengan memberikan info mengenai barang yang ingin kita jual secara detail, dan jangan lupa contact person atau nomor kontak yang bisa dihubungi. Setelah itu jika sudah dapat calon pembeli dan uangnya ditransfer melalui rekening atau bertemu langsung (COD), lalu kita mengirim barang yang telah kita jual tersebut ke pembeli melalui alat pengiriman yang terpecaya misalnya jne dan tiki. Namun bagi Anda yang telah mempunyai sebuah toko atau menjual banyak barang-barang khusus di dunia nyata, sebaiknya Anda menggunakan sebuah website toko online untuk menjaring kredibilitas dan otoritas pembeli terhadap kita sebagai penjual. Selain itu, website juga memudahkan pembeli untuk mengurutkan atau mencari barang-barang yang kita jual secara khusus tersebut. Misalnya Anda telah memiliki toko sepatu olahraga di kota Anda. Dengan membuat website toko online di internet, Anda akan lebih mendapatkan banyak calon pembeli dan pencarian barang akan lebih mudah. Namun catatan untuk Anda, sebelum Anda membuat website toko online, Anda harus menjaring kepercayaan calon pembeli terhadap barang-barang yang Anda jual di internet misalnya dengan membuat lapak jualan tetap di FJB Kaskus. Dengan begini, testimonial yang pernah Anda dapat dari berjualan di lapak FJB Kaskus ini maka akan menjadi modal utama Anda membangun krebilitas dan bersiap untuk memulai jualan di lapak yang lebih luas yaitu dengan website.

2. Blog

Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum (id.wikipedia.org). Secara singkat, blog adalah sebuah aplikasi web di internet yang berisi tentang tulisan-tulisan/posting yang kita tulis untuk pembaca/peselancar internet. Dari blog ini, para penjelajah di internet dapat menemukan tulisan yang Anda tulis. Untuk membuat blog Anda dapat menggunakan platform blog yang populer saat ini contohnya blogger, wordpress, dan blogdetik. Lalu pasti timbul pertanyaan dari Anda, "Apa hubungannya blog dengan berwirausaha atau berbisnis dengan teknologi yang ada saat ini?" Tentu saja ada.

Sebagian orang yang masih awam, ngeblog terkadang dipandang hanya sebelah mata. Blog dianggap hanya sebatas tempat menulis dan itu tidak ada gunanya sama sekali.

Di zaman yang serba canggih saat ini blog bukanlah sebatas menulis saja, namun juga bisa meraup penghasilan. Misalnya dengan menjadi advertiser atau penyedia iklan bagi para publisher dan sponsor untuk beriklan di blog Anda. Dengan beriklan di blog Anda, akan terjadi kesepakatan harga antara pemilik blog dan calon publisher untuk menentukan harga beriklan di blog Anda hingga pada batas waktu tertentu. Namun, syarat paling utama dapat beriklan di blog adalah blog Anda harus mempunyai pengunjung yang banyak agar iklan dari publisher atau sponsor tersebut dapat dikunjungi oleh pengunjung dari blog Anda. Selain itu, cara lainnya adalah dengan membuat artikel yang diminta oleh calon pembeli lalu dipublish di blog Anda. Anda disini berperan sebagai penyedia dan pembuat. Penyedia dalam artian blog yang Anda miliki, dan pembuat sebagai pembuat artikel yang diminta oleh calon pembeli. Dengan begitu, dari artikel yang diminta oleh calon pembeli tersebut akan terjadi kesepakatan harga yang ditawarkan. Biasanya blog yang menjadi target para pengirim artikel adalah blog yang mempunyai pengunjung dan kredibilitas yang baik di mata google.

Sebelum Anda memulai bisnis di blog, bagi Anda yang awam tentang blog dan bisnis online dari blog sebaiknya mempelajari teorinya terlebih dahulu. Karena tidak bisa jika Anda langsung membuat blog dan pengunjung datang begitu saja hingga menghasilkan uang. Semua itu butuh proses dan usaha, Anda tentunya harus mengelola blog Anda secara konsisten dengan menghasilkan artikel-artikel yang berkualitas sehingga memberikan kredibilitas dan otoritas di mata pengunjung sehingga blog Anda dapat dianggap sebagai ladang berbisnis juga. Anda dapat belajar berbisnis online di forum-forum yang sudah terkenal, misalnya di www.adsense-id.com.

Mau Dibawa Kemana Hidup Anda

Sebenarnya banyak cara menghasilkan uang dari dunia teknologi yang semakin berkembang pesat ini, tinggal Anda saja yang bijak dan sesuai yang Anda mampu untuk memilih ladang wirausaha yang tempat bagi Anda di internet.

Tergantung Anda lah lagi yang ingin dibawa kemana hidup Anda masa mendatang. Gunakanlah teknologi secara bijak agar teknologi yang Anda gunakan dapat bermanfaat bahkan menghasilkan keuntungan bagi Anda. Teknologi cerdas, adalah teknologi masa depan anak muda yang positif. Semangat para kawula muda, masa depanmu masih panjang!
Banner

2 komentar on "Teknologi Cerdas Anak Muda"

  1. bener banget den, teknologi cerdas itu adalah bagaimana kita memanfaatkan sebuah teknologi yang ada agar bisa sangar bermanfaat, dalam artian tidak digunakan dengan sia-sia.

    banyak sekarang warnet jadi tempat bolos, padahal kan disana kita bisa cari ilmu, atau yg lainya bukan malah buang2 waktu dengan sia-sia.

    adalagi teknologi internet, ini yang sering orang salah gunakan, memang dunia maya itu dunia tanpa batas, kalau cuma digunain buat hal yang ga berguna juga percuma.

    maka dari itulah ajarkan mulai dari dini, pengenalan mengenai teknologi cerdas dan bagaimana memanfaatkanya sebaik mungking.

    salam
    Fajarnet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, seandainya saja kita bisa menggunakan teknologi secara bijak, alangkah hebatnya negeri kita pertiwi saat ini.

      Dengan teknologi cerdas inilah yang seharusnya kita bisa mengambil dampak positif, bukan dampak negatif yang hanya bermain game semata-mata untuk hiburan. Hiburan sih hiburan, tapi jangan kelewatan :)

      Hapus