Teknologi Kita, Masa Depan Kita!

Dipublikasikan oleh

Pada Selasa, 27 November 2012

Konsep Teknologi Masa Depan
Teknologi, kata ini sudah tidak asing lagi bagi kita yang hidup di zaman serba modern ini. Setiap aspek kehidupan manusia sudah sangat bergantung dengan sentuhan-sentuhan dari teknologi ini. Dimulai dari yang sederhana hingga kompleks pun sudah bergantung kepada teknologi. Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan teknologi saat ini sudah semakin berkembang saja. Jika untuk berkomunikasi dahulu kita menggunakan surat dan pos yang sampainya memakan waktu yang lama, sekarang kita bisa menggunakan telepon dalam waktu yang singkat kapan dan dimana saja. Tentu saja teknologi ini bertujuan untuk mempermudah kehidupan manusia dengan cepat, efisien dan efektif.

Pada kenyataannya, dengan fasilitas yang ditawarkan oleh teknologi saat ini, kita terbiasa dengan kehidupan yang serba instan dan mudah. Contohnya saja jika kita menggunakan AC sebagai penghangat ruangan. Namun saat AC tersebut mati/rusak, kita bisa saja merasa jengkel dan marah karena kepanasan. Tidak dapat dipungkiri memang penggunaan teknologi saat ini dapat berdampak negatif.

Namun dengan semua ketergantungan yang diberikan oleh teknologi, kita tidak harus selalu bergantung pada teknologi yang satu ini. Manfaatkan teknologi cerdas untuk masa depan kita. Teknologi yang cerdas adalah teknologi yang kita manfaatkan untuk memberikan dampak positif bagi masa depan kita kelak.

1. Teknologi Cerdas untuk Masa Depan

Saat ini teknologi masa depan yang cerdas identik dengan dunia komputer dan gigital. Contohnya adalah teknologi robot yang saat ini dikabarkan sedang dirancang oleh para peneliti-peneliti pada beberapa tahun yang akan datang.

Untuk melihat bagaimana gambaran mengenai teknologi masa depan dengan contoh yang paling umum yaitu robot. Maka dari itu dalam artikel ini kita akan mengambil ilustrasi dari sebuah film fiksi mengenai perkembangan teknologi pada tahun 2035 yang berjudul “I ROBOT”.

I-Robot

I Robot merupakan film fiksi ilmiah yang dirilis pada tahun 2004. Film ini disutradari oleh Alex Proyas dan dibintangi oleh Will Smith yang berperan sebagai Detektif Del Spooner dan bintang-bintang lainnya seperti Bridget Moynahan, Bruce Greenwood, James Cromwell, Chi McBride, Alan Tudyk, dan Shia LaBeouf . Film ini mengambil setting waktu pada tahun 2035, pada masa itu perkembangan teknologi komputerisasi sudah sangat berkembang. Hal ini dapat dilihat dari sudah terciptanya robot, Virtual Reality (VR), VIKI (Virtual Interactive Kinetic Intelligence), dan sudah digunakannya suara untuk memberi instruksi kepada komputer. Hampir semua aspek kehidupan manusia dikombinasikan dengan system computer yang terintegrasi.

NS 5, adalah nama robot yang diciptakan oleh Dr. Alfred Lanning sebagai pengganti robot versi sebelumnya yaitu NS 4, berbagai macam teknologi mengagumkan terdapat pada NS 5. Yan paling mengherankan adalah t6erciptanya robot yang bernama Sony, robot ini diciptakan dengan hati dan perasaan. Bahkan pada saat tertidur robot ini dapat bermimipi selayaknya manusia.

Masalah bermula ketika Dr. Miles Hogenmiller yang bekerja pada perusahaan U.S Robotics yang dikelola oleh Lance Robertson terbunuh, Del Spooner mencurigai bahwa pelaku pembuuhan tersebut adalah robot. Namun tidak seorang pun percaya pendapatnya. Akhirnya ia berusaha sendiri untuk membuktikan pendapatnya. Pada akhirnya Kecurigaan Del Spooner tentang robot sebagai pelaku pembunuhan tebukti setelah robot NS 5 yang dikendalikan oleh VIKI mulai berontak dan tidak lagi menghiraukan perintah manusia yang membuatnya.

Perjuangan untuk melawan robot-robot dimulai, manusia sebagai pembuat robot harus memusnahkan ciptaannya sendiri. Maka untuk melakukannya, cara yang terbaik adaah menghancurka VIKI sebagai pengendali semua robot NS 5. Dengan perjuangan yang cukup berat, akhirnya Del Spner dapat menghancurkan VIKI dan robot-robot NS 5 akhirnya dapat terkendali kembali. Akan tetapi untuk mengantisipasi robot kembaliberontak, akhirnya semua robot NS 5 harus dimusnahkan.

Dari ilustrasi di atas kita dapat menyimpulkan bagaimana gambaran mengenai teknologi di masa depan nanti. Teknologi cerdas ini akan terus berkembang dan berinovasi seiring perkembangannya waktu. Kehidupan manusia tentu akan dikelilingi kemudahan dalam menjalankan kegiatannya.

2. Dampak Positif dan Negatif Teknologi

Dampak positif teknologi sangat pesat membantu segala aktifitas manusia dalam kesehariannya. Contohnya media informasi dan komunikasi yang saat ini hampir telah dimiliki oleh teknologi. Kita dapat menggunakan contoh "Gadget" saja yang saat ini penggunaannya hampir semuanya diperlukan. Sebagai media komunikasi, jika dulunya orang ingin berkomunikasi maka ia harus menggunakan surat dan pos sebagai media komunikasi, dan ini tentu saja membutuhkan waktu yang lama. Sekarang dengan adanya gadget yang super canggih, komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat.

Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Selain itu dampak positif teknologi tidak hanya berdampak pada kegiatan sosial manusia, namun juga kegiatan rutinitas para pelajar, yaitu dalam dunia pendidikan. Proses belajar-mengajar menjadi lebih praktis, efektif, dan efisien dengan bantuan laptop atau komputer, speaker, microphone, serta LCD proyektor. Dibandingkan zaman dahulu yang masih menggunakan kapur dan papan tulis, proses belajar-mengajar malah menjadi membosankan. Dibandingkan saat ini, dengan adanya teknologi yang cerdas maka proses belajar-mengajar menjadi lebih mengasyikkan dan lebih mudah ditangkap oleh peserta didik.

Namun jangan salah, dampak teknologi yang memberikan pengaruh negatif yang cukup besar pada aspek sosial budaya saat ini. Contohnya seperti kenakalan dan tidak penyimpangan dikalangan remaja dengan mengakses situs porno, dan hal-hal jahat lainnya. Selain itu, dampak negatif teknologi di masa depan adalah semakin hilangnya kesadaran akan bersosialisasi seperti gotong royong yang merupakan ciri khas masyarakat Indonesia. Dengan teknologi ini, manusia cenderung hanya diam di rumah menatap komputer dan berkomunikasi di dunia maya tersebut saja, sehingga rasa akan dunia luar akan menjadi hilang dan akan menimbulkan sifat kemalasan dari segala kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi tersebut.

Bagaimana Kita di Masa Depan?

Sepenggal pertanyaan sebagai seorang manusia yang dapat diutarakan tentang teknologi ini. "Apakah manusia siap dengan semua ini? Bagaimana cara melakukan dan merealisasikannya?"

Mengingat hal itu tentu saja mau tidak mau kita harus siap menghadapi semua ini. Sebagai seseorang yang hidup di zaman modern, tentu saja kita harus menyesuaikan dengan keadaan. Namun bukankah ketergantungan terhadap teknologi membuat kita menjadi malas dan melupakan tugas manusia untuk bekerja?

Teknologi memang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup. Tetapi bukan untuk berubah sampai ke sifat yang bermalas-malasan sehingga semuanya harus bergantung kepada teknologi. Kita harus bijak dalam menyikapi teknologi yang sekarang ini.

3. Lalu, Bagaimana Sikap Bijak Kita Terhadap Teknologi di Masa Depan?

Teknologi
Hanya ada satu cara yang dapat kita lakukan agar tidak terjerumus ke sikap yang berdampak negatif sehingga cenderung menghilangkan esensi kehidupan bekerja tadi. Caranya adalah dengan teknologi cerdas. Teknologi Cerdas artinya suatu cara yang kita lakukan untuk menghadapi teknologi yang memudahkan manusia ini. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan menggunakan teknologi untuk masa depan. Ya, teknologi kita, masa depan kita!

Caranya adalah dengan menghindari dampak negatif dari penggunaan teknologi itu sendiri. Gunakan teknologi secara positif dan olah menjadi bermanfaat sehingga kita mampu mempersiapkan diri kita di masa depan. Kita ambil contoh sederhana, kita tahu internet merupakan tempat mencari segala informasi tentang dunia kita. Kita bisa memanfaatkan internet sebagai hal positif seperti media pendidikan/edukasi yang kita bisa gunakan untuk belajar lebih dalam lagi selain di sekolah. Tentunya ini bermanfaat bagi kita sendiri dibandingkan kita menggunakan internet untuk membuka situs-situs yang dilarang sehingga membuat celaka kita sendiri. Dengan cara ini kita tidak akan membuat kita menjadi malas, tetapi akan menimbulkan kreatifitas yang semakin berkembang karena adanya pengetahuan baru yang kita dapatkan dari teknologi tersebut.

Dari penjelasan di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa kita tidak dapat menghindari adanya perkembangan teknologi yang semakin modern saat ini dan untuk masa depan. Satu-satunya cara untuk menyikapinya adalah dengan sikap teknologi cerdas, yaitu menggunakan teknologi secara positif dan menghindari hal-hal negatif yang malah menjerumuskan kita. Ya, teknologi kita, masa depan kita!

Banner

Tidak ada komentar on "Teknologi Kita, Masa Depan Kita!"

Posting Komentar